Breaking News

Bukti Jokowi Utamakan Pembangunan Tingkatkan Ekonomi

Bukti Jokowi Utamakan Pembangunan Tingkatkan Ekonomi


Sepanjang Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Indonesia mencatat banyak kemajuan di bidang ekonomi. Salah satunya adalah kenaikan peringkat dalam tingkat kemudahan berusaha atau ease of doing business (EoDB) dari Bank Dunia.

Pada tahun 2017, peringkat Indonesia meningkat dari posisi 106 menjadi 91. Perbaikan ini terus berlanjut, hasil EoDB terbaru tahun 2018 menunjukkan Indonesia terus merangkak naik ke peringkat 72.

Tidak berhenti sampai di situ, Indonesia juga kini menyandang status layak investasi kepada Indonesia dari tiga lembaga rating internasional yaitu Fitch Ratings, Moody's dan Standard and Poor's. Hal ini pertama kali sejak tahun 1997. Pertama kali selama 20 tahun.

Melihat kondisi ini, Presiden Jokowi meminta pemerintah memanfaatkan momentum ekonomi yang sudah mulai membaik. Terlebih, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia ditargetkan mencapai 5,4 persen pada 2018, setelah tahun lalu berhasil direalisasikan mengalami peningkatan sebesar 5,02, sedangkan target tahun ini adalah 5,2 persen.

Fokus pemerintah pada bidang infrastruktur tidak lain sebagai jalan guna memenuhi target pertumbuhan yang ada. Disamping pemerintah terus melakukan pemerataan pertumbuhan dan pemerataan di berbagai wilayah di Indonesia.

No comments