Breaking News

Pemerintah Terus Berusaha Perkuat Rupiah Dengan Berbagai Cara

Pemerintah Terus Berusaha Perkuat Rupiah Dengan Berbagai Cara


Menteri Koordinasi Perekonomian Darmin Nasution mengaku sejumlah kebijakan yang dilakukan pemerintah saat ini masih belum bisa menguatkan nilai tukar rupiah secara cepat. Padahal, menurutnya beberapa langkah telah diambil untuk mengatasi pelemahan rupiah.

Darmin mencontohkan, beberapa kebijakan pemerintah itu pun salah satunya adalah melalui peluncuran sistem perizinan online terpadu atau online single submission (OSS).

Tak hanya itu, bahkan pemerintah juga telah meluncurkan mandatori biodiesel 20 atau B20 yang akan berlaku efektif sejak awal September kemarin.

Dengan demikan, penerapan B20 ini dijalankan untuk mendorong ekspor dan memperlambat impor untuk menyehatkan neraca pembiayaan dan mengurangi defisit transaksi berjalan.
Sebelumnya, Darmin meyakinkan bahwa ke depan kondisi rupiah akan semakin stabil dengan semua langkah-langkah yang sudah diambil tersebut.

"Kami percaya hari-hari ini, kurs bisa lebih tenang dibanding kemarin-kemarin. Karena kami memang melakukan langkah-langkah. Seperti apa hasilnya B20 itu? Kalau tidak ada hambatan, bisa saja ada hambatannya, tapi kami pantau terus tiap minggu. Kami berharap bisa menghambat impor BBM, khususnya solar, karena dicampur 20 persen CPO. Tadinya hanya PSO, sekarang termasuk non PSO. Barangkali PSO-nya 49 persen, non PSO-nya 51 persen. Kami perkirakan sampai akhir tahun akan ada penghematan dari impor solar."

No comments