Breaking News

Kementerian PUPR Telah Rehabilitasi Sungai Kritis Sepanjang 30 Km

Kementerian PUPR Telah Rehabilitasi Sungai Kritis Sepanjang 30 Km
Untuk mengantisipasi risiko banjir saat musim hujan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginstruksikan seluruh Kepala Balai atau Balai Besar Wilayah Sungai dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional untuk senantiasa siaga.

Basuki mengatakan, kesiagaan personel dan peralatan diperlukan agar penanganan darurat ketika terjadi bencana dapat direspons dengan cepat.

"Memasuki musim hujan, Kepala Balai agar tidak meninggalkan wilayah tugasnya tanpa seizin Menteri," ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (7/11/2018).

Selain itu, Kementerian PUPR telah menyiagakan Posko Siaga di 34 Balai atau Balai Besar Wilayah Sungai dan 1 Posko Pusat.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi, menambahkan seluruh Balai Besar atau Balai telah melakukan penelusuran terhadap sungai-sungai utama sepanjang 54,217 km. Hasil penelusuran tersebut diketahui sepanjang 42,11 Km dalam kondisi kritis.

"Dari hasil tersebut kemudian telah ditangani dengan pekerjaan rehabilitasi dan pemeliharaan sepanjang 30 km," jelas dia.

Bencana banjir juga kerap mengakibatkan jalan cepat berlubang, tanah longsor. hingga jalan atau jembatan putus akibat debit air yang deras.

Oleh karenanya, Balai atau Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional bersiaga menyiapkan personel dan alat berat di lapangan, seperti excavator, buldozer dan material.

No comments