Breaking News

Proyek Tol Dengan Dana Rp 16 Triliun di Lampung Selesai Bulan Depan

Proyek Tol Dengan Dana Rp 16 Triliun di Lampung Selesai Bulan Depan
Presiden Joko Widodo mengaku bahwa kualitas jalan Tol Trans Sumatera bagus, khususnya pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km.

Orang nomor satu di Indonesia ini berkesempatan menjajal langsung jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar seksi 3 Kota Baru-Metro yang memiliki panjang 29 km, progres pembangunan seksi tersebut sudah 88,24%.

"Kalau kita lihat sekarang ini pembangunan tol, kualitasnya saya melihat baik, kemudian persiapan tanahnya, tidak hanya pas untuk jalan," kata Jokowi di Lampung, Jumat (23/11/2018).

Jokowi mengatakan, progres pembangunan jalan Tol Trans Sumatera mulai dari Bakauheni-Palembang sepanjang 350 km akan rampung pada Juni 2019.

Khusus yang Bakauheni-Terbanggi Besar, Mantan Wali Kota Solo ini berharap pada Desember 2018 sudah selesai dan bisa dioperasikan.

"Jadi kita harapkan dengan terbangunnya ini ada daya saing lebih baik, titik-titik pertumbuhan ekonomi di sekitar jalan ini akan terintegrasikan nantinya dengan kawasan industri, dengan KEK yang semuanya juga dalam proses dibangun," ujar dia.

Dapat diketahui, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero). Ruas tol ini memiliki panjang 140,7 km dengan investasi Rp 16,79 triliun. Pengerjaannya dibagi dalam 4 seksi ini progres pengerjaannya sudah mencapai 95,81%.

Dari 4 seksi, hanya satu seksi yang sudah beroperasi yaitu ruas Bakauheni-Sidomulyo, sedangkan tiga seksi sisanya masih dalam konstruksi yaitu Sidomulyo-Kotabaru, Kotabaru-Metro, dan Metro-Terbanggi Besar.

No comments