Breaking News

KEMENHUB Tingkatkan Daya Saing Industri Karoseri Indonesia

KEMENHUB Tingkatkan Daya Saing Industri Karoseri Indonesia
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat masih banyak ditemukan perusahaan karoseri yang tidak memiliki SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun) atau produksi karoseri yang tidak sesuai dengan SKRB.

Oleh karena itu, Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kemenhub meminta kepada pengusaha karoseri untuk mematuhi regulasi terkait rancang bangun.

Di sisi lain, untuk meningkatkan saya saing industri ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi akan mengusulkan beberapa insentif. Saat ini diusulkan penurunan biaya penerbitan SKRB.

Sebelumnya penerbitan SKRB ditetapkan sebagai Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 35 juta, atas masukan dan pertimbangan berbagai pihak, Kementerian Perhubungan mengusulkan penurunan besaran biaya tersebut hingga menjadi Rp 9-10 juta.

"Diharapkan dengan penurunan BNBP tersebut, industri karoseri nasional dapat bergairah lagi, dan mampu bersaing dengan industri karoseri dari luar,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (30/8/2018).

Dia menuturkan, industri karoseri Indonesia saat ini sudah bagus, terbukti pesanan juga datang dari luar negeri yaitu Fiji dan Bangladesh.

Hal ini diketahuinya saat berkunjung ke salah satu pabrik karoseri di Jawa Tengah.

No comments