Breaking News

Ini dia Bahaya nya Jika Prabowo - Sandi Menang

Ini dia Bahaya nya Jika Prabowo - Sandi Menang
Pemerintah Jokowi-JK tercatat tidak akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak ( BBM) dan tarif listrik, meski harga energi global seperti minyak dunia mengalami kenaikan. Hal ini menjadi capaian empat tahun kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan, harga komoditas global yang mengalami kenaikan pada belakangan ini, menjadi tantangan bagi pemerintah dalam empat tahun belakangan. Meski begitu, pemerintah tetap membuat harga BBM dan listrik tetap terjangkau.

"Pemanfaatan energi berkeadilan itu ketersediaan dan keterjangkauan," kata Jonan, dalam laporan empat tahun kinerja pemerintah, di Jakarta, Rabu (24/10).

Untuk melindungi daya beli rakyat, pemerintah menetapkan harga BBM dan tarif listrik tidak naik. Saat harga energi global tinggi, tercatat sejak 2017 harga minyak dunia di level USD 43,7 per barel terus mengalami kenaikan sampai September berada di level USD 74,9 per barel.

Jonan menyatakan, khusus untuk tarif listrik, pemerintah telah memutuskan tidak mengalami kenaikan sampai 2019. "Keterjangkauan itu pemerintah memutuskan bahwa sampai akhir 2019, diusahakan tidak ada kenaikan tarif listrik," tutur Jonan.

Agar tarif listrik tidak naik, pemerintah berupaya menstabilkan biaya produksi listrik. Dengan mematok harga batubara khusus untu sektor kelistrikan maksimal sebesar USD 70 per ton. "Agar tarif listrik tetap terjangkau, untuk melindungi daya beli masyarakat dan daya saing industri," tandasnya.

No comments