Breaking News

Kata Rizal Ramli Utang Pemerintah Rp 1 T/Hari, Kemenkeu: Salah Besar!

Kata Rizal Ramli Utang Pemerintah Rp 1 T/Hari, Kemenkeu: Salah Besar!
Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli kembali menyinggung soal utang pemerintah. Rizal mengatakan, pemerintah menerbitkan utang baru seharinya sampai Rp 1,24 triliun.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti menanggapi pernyataan raja kepret tersebut. Dia bilang, pernyataan itu salah besar.

"Salah besar pernyataan RR tersebut. Bukan berarti pemerintah setiap harinya utang Rp 1 triliun," kata dia.

Tak secara rinci, Nufransa hanya mengatakan, pemerintah mengelola utang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi terkini dari perekonomian global. Dia juga menuturkan, utang pemerintah dikelola dengan transparan.

"Kami juga transparan terhadap seluruh data APBN, setiap bulan dapat dilihat melalui publikasi resmi Kemenkeu," sambungnya.

Untuk diketahui, Rizal Ramli sebelumnya mengatakan utang baru pemerintah tiap harinya Rp 1,24 triliun.

"Ini pemerintah satu hari utang baru Rp 1,24 triliun, satu hari lho, masih ada nih berapa bulan lagi, 100 hari lagi, kaliin saja tuh," ujarnya dalam diskusi 'Jokowi Raja Impor?' di Kantor Sekretariat Nasional Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Bukan itu saja, Rizal juga mengkritik bunga surat utang pemerintah yang sebesar 8,5%. Menurutnya, itu paling tinggi di kawasan Asia-Pasifik.

"Jadi, pemerintah ini prioritasnya bikin senang petani di Thailand, Vietnam, petani garam di Australia yang kasih utang ke Indonesia bunganya 8,5%, paling tinggi di kawasan Asia Pasifk, kalau negara lain yang bikin surat utang bunganya hanya 5-6%," terang ekonom senior itu.

No comments