Breaking News

Jokowi Berikan Sambungan Listrik Gratis ke 1.701 Kepala Keluarga di Magetan

Presiden Joko Widodo memberikan sambungan listrik gratis kepada 1.701 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Magetan Jawa Timur, Jumat (1/2/2019). Jokowi mendatangi rumah warga Dusun Telamban Desa Mojopurno Kabupaten Magetan Jawa Timur, untuk secara simbolis memberikan sambungan listrik gratis.

Jamin, salah satu penerima sambungan listrik gratis mengatakan bahwa selama ini menikmati listrik dari sambungan listrik tetangga. Namun dengan dapatnya sambung listrik gratis ini, Jamin mengaku senang karena mendapatkan sambungan listrik 450 VA, dengan begitu dia cukup membayar Rp 30 ribu perbulan.

Jokowi Berikan Sambungan Listrik Gratis ke 1.701 Kepala Keluarga di Magetan

"Ya Alhamdulillah mas, sudah dapat sambungan listrik gratis dari PLN," tuturnya.

Program BUMN sambungkan listrik untuk kehidupan warga yang lebih baik merupakan program menyambungkan listrik gratis ke rumah keluarga tidak mampu.

Sambungan listrik menyalur atau levering tidak hanya mahal tetapi juga tidak efisien. Biaya listrik 40-50 ribu per bulan hanya cukup untuk tiga lampu saja. Program elektrifikasi gratis dari pemerintah dan BUMN menekan biaya listrik menjadi 20-30 ribu perbulan yang cukup untuk lampu serta peralatan listrik. Listrik Levering Rp 40 ribu, sedangkan sambung listrik PLN 450 VA Rp 30 ribu.

Masih adanya warga Magetan yang menyambungkan listrik secara menyalur atau levering membuat pemerintah dan BUMN bergerak memberikan sambungan listrik secara gratis.

Target pada Maret 2019 di Kota dan Kabupaten Madiun serta Kabupaten Magetan Jawa Timur, sebanyak 5.982 Kepala Keluarga (KK).

Dengan rincian Kota Madiun total levering 299 KK dan Kabupaten Madiun total 3.982 KK. Sedangkan Kabupaten Magetan total levering 1.701 KK.

Hingga 29 Januari 2019, sebanyak 24 rumah di Kabupaten Magetan telah menerima sambungan listrik secara gratis.

No comments