Breaking News

Jokowi Optimis Sistem Peradilan Indonesia Kedepannya Akan Lebih Maju

Presiden Joko Widodo menyebutkan, beberapa lompatan kemajuan Indonesia saat ini. Termasuk dalam bidang ekonomi dan investasi. Di dalamnya, ada peran penting lembaga peradilan di bawah Mahkamah Agung (MA).



Itu dikatakan Kepala Negara, saat memberi pidato sambutan pada laporan tahunan MA, di Jakarta Convention Center, Rabu 27 Februari 2019. Jokowi mencontohkan, adalah peringkat kemudahan berusaha Indonesia yang naik drastis.

"Seperti lompatan kemajuan peringkat Indonesia dalam ease of doing business dari peringkat 120 menjadi peringkat 73. Di situ ada peran penting dari reformasi di lembaga peradilan yang dipimpin MA," kata Presiden Jokowi, disambut tepuk tangan.

Kemudahan berusaha dicapai oleh Indonesia, salah satu yang sebelumnya dilakukan adalah melakukan deregulasi berbagai peraturan. Baik peraturan di tingkatan daerah seperti peraturan daerah (perda), hingga di level pusat.

Di pusat, beberapa peraturan menteri hingga peraturan presiden, juga diubah atau dicabut. Sebab dianggap menghambat iklim berinvestasi dan berusaha di Indonesia.

No comments