Breaking News

Jokowi Serahkan 814 Sertifikat Wakaf ke Warga Lampung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Istiqlal, Lampung Tengah. Seusai salat, Jokowi menyerahkan 814 sertifikat tanah wakaf untuk rumah ibadah di Lampung.

Kehadiran Jokowi di Masjid Agung Istiqlal, Lampung Tengah, Provinsi Lampung, disambut baik oleh warga. Jokowi dikerumuni warga sesaat sebelum masuk ke masjid.



Begitu masuk masjid, Jokowi melakukan salat sunah. Azan kemudian berkumandang, dilanjutkan dengan khotbah Jumat. Proses salat Jumat Jokowi dengan ribuan warga Lampung berlangsung tertib dan khidmat.

Seusai salat Jumat, Jokowi membagikan 814 sertifikat tanah wakaf untuk rumah ibadah dan lembaga pendidikan berbasis agama di Lampung. Ada 12 perwakilan yang diberikan langsung oleh Jokowi.

"Kalau sudah pegang yang namanya sertifikat seperti sekarang ini, inilah tanda bukti hukum atas tanah. Sudah clear tidak ada masalah, rampung masalahnya," kata Jokowi.

Di hadapan pengurus masjid, musala, dan pondok pesantren yang ada di Lampung, Jokowi menjelaskan alasan dirinya mempercepat penyerahan sertifikat tanah wakaf tersebut. Dia mengaku kerap mendapat keluhan warga terkait sengketa tanah, termasuk untuk rumah ibadah di berbagai daerah.

"Saya berikan contoh, ini di Jakarta ada tanah yang besar yang sudah didirikan masjid yang gede juga. Sudah bertahun-tahun tidak ada masalah, tetapi begitu tanahnya harganya per meter Rp 120 juta menjadi masalah karena ahli waris menuntut," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta masyarakat Lampung tidak mudah percaya pada kabar bohong berkaitan dengan kinerja dan program pemerintah yang tersebar di masyarakat. Apalagi, kata Jokowi, mendekati Pemilu pada April 2019, banyak kabar bohong yang tersebar.

"Sekarang tidak hanya medsos saja, sudah dari pintu ke pintu. Kalau yang dikabarkan benar tidak apa-apa. Katakan yang benar itu benar, katakan yang salah itu salah, katakan yang hak itu hak, yang batil itu batil," kata Jokowi.

No comments